Senin, 06 Januari 2014

Pemerintah Klaim Perannya Makin Baik Dalam Pertumbuhan Ekonomi

Dalam asumsi makro APBN-P 2013, pemerintah mematok target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7 persen. Salah satu mesin pendorongnya, belanja pemerintah yang diperkirakan bisa memberikan kontribusi sebesar 0,45 persen terhadap pertumbuhan ekonomi.
Target pertumbuhan ekonomi 2013 versi pemerintah lebih optimis dibanding perkiraan lembaga internasional Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) yang hanya sebesar 5,2 persen.
"Konsumsi pemerintah mencapai 0,45 persen. Ini makanya IMF enggak menghitung dulu angka konsumsi pemerintahnya," ujar Menteri Keuangan Chatib Basri di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (6/1).
Chatib pede, peran negara dalam pertumbuhan ekonomi melalui konsumsi pemerintah lebih baik dibanding tahun 2012 yang hanya 0,32 persen. Dengan makin besarnya kontribusi pemerintah, Chatib mengklaim peran pemerintah dalam pembangunan ekonomi akan semakin baik di masa mendatang.
"Ada 44 Kementerian atau Lembaga yang serapan anggarannya di atas 90 persen seperti Kementerian PU, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perdagangan, dan Kepolisian," jelasnya.
Analisis :
Menurut pendapat saya, optimisme pemerintah sangat baik guna mendorong kinerja yang lebih bagus di masa yang akan datang. Dengan turut sertanya pemerintah dalam pembangunan ekonomi, tentu akan dapat lebih memfokuskan kontribusinya untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar