Senin, 06 Januari 2014

Prospek Perekonomian Indonesia Tahun 2010

Dalam penyampaian nota keuangan di depan DPR, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengemukakan, ekonomi Indonesia 2010 diprediksi tumbuh sekitar 5,0 persen. Banyak pihak meyakini, pertumbuhan ekonomi kita bisa lebih tinggi dari itu. Itu sebabnya, dalam perdebatan di DPR, akhirnya disepakati perkiraan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen.
Optimisme semacam ini sungguh penting untuk memberi dorongan lebih besar bagi pelaku ekonomi untuk mencapainya atau bahkan melampauinya. Inilah kekuatan self fulfilling prophecy.
Secara rutin, saya mengamati perkembangan PDB nominal, yaitu PDB yang menggunakan harga sebagaimana dirasakan hari-hari ini. PDB nominal ini lebih mirip berbagai laporan keuangan perusahaan, sementara PDB riil lebih mirip perkembangan tonase produksi perusahaan. Ternyata PDB nominal Indonesia tumbuh tinggi.
Pada tahun 2008, saat perekonomian (PDB) riil tumbuh 6,1 persen, PDB nominal justru tumbuh 25 persen. Kuartal pertama 2009, pertumbuhan PDB nominal sebesar 16,9 persen dan pada kuartal kedua menjadi 10,9 persen. Dengan prospek pertumbuhan lebih tinggi pada kuartal ketiga dan keempat, diyakini PDB nominal akan naik sehingga secara keseluruhan pertumbuhan tahun 2009 berada sekitar 15 persen. Jika ini terjadi, PDB nominal kita akan mencapai sekitar Rp 5.700 triliun. Angka ini kurang lebih sama dengan prediksi PDB nominal sekitar 570 miliar dollar AS, seperti disebutkan sebelumnya. Dengan latar belakang itu, saat PDB riil diprediksi tumbuh 5,5 persen, PDB nominal 2010 akan tumbuh 15-18 persen. Jika ini terjadi, sepanjang 2010, PDB nominal kita akan mencapai Rp 6.500 triliun-Rp 6.600 triliun. Ini berarti PDB per kapita tahun 2010, dengan catatan nilai tukar rupiah bergerak menguat sebagaimana terjadi akhir-akhir ini, akan berada pada 2.800 dollar AS-3.000 dollar AS.
Analisis :
Menurut pendapat saya, hal ini sangat memberikan sinyal positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia mengingat pada akhir-akhir ini nilai tukar Rupiah terhadap Dollar melemah. Sector perdagangan dan investasi diperkirakan akan memiliki pengaruh yang cukup kuat bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya.Tentunya ini mendorong bagi pelaku ekonomi kita untuk terus melakukan apa yang sudah tercapai saat ini dan bahkan lebih melampaui angka yang telah diprediksi sebelumnya.
Sumber :

1 komentar:

  1. JSM Hub at the new COVID-19 casino in Arizona
    A 김천 출장안마 $4 화성 출장샵 billion project in Colorado is to create an entertainment resort near 서산 출장안마 JSM and 경기도 출장마사지 the Wynn Valley Valley River for the Wynn and Encore. 부천 출장마사지

    BalasHapus